LAYANAN
Untitled Document
Pembukuan/Penyusunan Laporan Keuangan
 
click to enlarge
Kategori :
Jasa Akuntan
Sub Kategori :
Jasa Pembukuan/Penyusunan Laporan Keuangan adalah jasa utama yang kami tawarkan, baik untuk sektor private (badan usaha swasta, BUMN/BUMD, koperasi, usaha kecil dan menengah) maupun sektor publik (Pemerintah Pusat/Pemerintah Daerah).

Kantor kami terdiri dari para akuntan beregister negara dan memiliki sertifikat CA (Chartered Accountant) dari Ikantan Akuntan Indonesia (IAI).

Jasa Pembukuan/Penyusunan Laporan Keuangan untuk sektor private mengacu pada Standar Akuntansi Keuangan (SAK) yang diterbitkan oleh IAI, disini kami akan memberikan 5 jenis Laporan Keuangan dalam satu periode, yang terdiri dari:

  1. Laporan Posisi Keuangan
    Memberikan informasi mengenai posisi keuangan perusahaan dengan menampilkan nilai aset, liabilitas dan ekuitas pada akhir periode tertentu.
     
  2. Laporan Laba Rugi dan Penghasilan Komprehensif Lain
    Memberikan informasi mengenai pos-pos pendapatan dan beban yang diakui dalam satu periode.
     
  3. Laporan Perubahan Ekuitas
    Memberikan informasi mengenai perubahan ekuitas yang berupa modal disetor, penambahan atau penarikan modal, saldo laba sebagai dampak dari aktivitas operasional yang dijalankan perusahaan, dan komponen ekuitas lainnya.
     
  4. Laporan Arus Kas
    Memberikan informasi kepada pengguna laporan keuangan sebagaidasar untuk menilai kemampuan entitas dalammenghasilkan kas dan setara kas dan kebutuhan entitas dalammenggunakan arus kas tersebut
     
  5. Catatan Atas Laporan Keuangan
    Memberikan informasi lebih rinci mengenai laporan keuangan sehingga memudahkan bagi pembaca untuk memahami laporan tersebut.

Laporan keuangan tersebut diatas dapat diberikan sesuai periode laporan yang diperlukan, yaitu tahunan, semesteran, triwulan, dan bulanan.

Selain itu, kami juga memberikan jasa penyusunan, pendampingan dan review Laporan Keuangan Pemerintah sesuai dengan Standar Akuntansi Pemerintahan (SAP), yaitu:

  1. Laporan Realisasi Anggaran (LRA)
    Memberikan informasi ikhtisar sumber, alokasi, dan pemakaian sumber daya keuangan yang dikelola oleh pemerintah pusat/daerah, yang menggambarkan perbandingan antara anggaran dan realisasinya dalam satu periode pelaporan.
     
  2. Laporan Perubahan Saldo Anggaran Lebih (LPSAL)
    Menyajikan informasi kenaikan atau penurunan Saldo Anggaran Lebih tahun pelaporan dibandingkan dengan tahun sebelumnya.
     
  3. Neraca
    Menggambarkan posisi keuangan suatu entitas mengenai aset, kewajiban, dan ekuitas pada tanggal tertentu.
     
  4. Laporan Operasional (LO)
    Menyajikan ikhtisar sumber daya ekonomi yang menambah ekuitas dan penggunaannya yang dikelola oleh pemerintah pusat/daerah untuk kegiatan penyelenggaraan pemerintahan dalam satu periode pelaporan.
     
  5. Laporan Arus Kas (LAK)
    Menyajikan informasi kas sehubungan dengan aktivitas operasi, investasi, pendanaan, dan transitoris yang menggambarkan saldo awal, penerimaan, pengeluaran, dan saldo akhir kas pemerintah pusat/daerah selama periode tertentu.
     
  6. Laporan Perubahan Ekuitas (LPE)
    Menyajikan informasi kenaikan atau penurunan ekuitas tahun pelaporan dibandingkan dengan tahun sebelumnya.
     
  7. Catatan atas laporan Keuangan (CALK)
    Meliputi penjelasan naratif atau rincian dari angka yang tertera dalam Laporan Realisasi Anggaran, Laporan Perubahan SAL, Laporan Operasional, Laporan Perubahan Ekuitas, Neraca, dan Laporan Arus Kas.
[ post date: 23-10-2023 ]